Syarat & Ketentuan Penerimaan Naskah

Syarat & Ketentuan

Dengan mengajukan naskah terlampir, PENULIS memahami dan menyetujui sistem/tata kelola penerbitan yang dijalankan oleh Penerbit Jariah Publishing sebagai berikut:

Terms and Conditions

1. Naskah terlampir harus tidak sedang diterbitkan oleh penerbit lain, atau sudah pernah diterbitkan oleh penerbit lain namun sudah putus kerjasama dan hak ekonomi naskah tersebut berada di tangan penulis/pihak yang mewakili.

2. Penulis yang menerbitkan karyanya di Jariah Publishing memiliki kewenangan untuk menentukan tata letak halaman dan desain sampul yang diterapkan pada buku dari naskah terlampir.

3. Apabila Naskah yang dikirim oleh Penulis belum lengkap dalam hal ini tata letak (lay out), editing dan sampul buku masih perlu perbaikan, maka Naskah dan Desain Sampul berhak didiskusikan. Apabila ditangani oleh Tim Penerbit, maka biaya jasa ditanggungkan kepada penulis.

4. Penerbit Jariah Publishing adalah satu-satunya pihak yang memegang hak penggandaan (pencetakan) naskah buku terlampir sampai dengan kerjasama dihentikan atas persetujuan kedua belah pihak.

5. Penulis secara sadar memberikan kewenangan kepada Penerbit Jariah Publishing untuk menjual (mendistribusikan) buku cetakan dari naskah terlampir dan atau versi digital (e-book) melalui tata cara yang sepenuhnya dikelola oleh Penerbit Jariah Publishing bersama rekanan usahanya. Untuk sementara, Penerbit hanya menjual buku melalui jalur online (website, media sosial, marketplace dan dalam bentuk e-book di playstore) dan apabila penulis ingin menjualnya sendiri setelah naskah buku dicetak oleh Jariah Publishing dan ingin didistribusikan sendiri oleh penulis, itu boleh boleh saja dan seluruh royalti atas hasil penjualannya 100% milik penulis.

6. Apabila buku dicetak dan dijual kembali oleh penerbit tanpa biaya sama sekali dari penulis (100% biaya cetak dan penerbitan ditanggung oleh Penerbit), maka Penulis akan mendapatkan royalti atas hasil penjualan buku dari naskah terlampir sebesar 10% untuk versi cetak dan 20% untuk versi digital (e-book) dihitung dari harga jual yang ditentukan oleh penerbit dan dilaporkan secara berkala oleh Penerbit ketika sudah ada buku yang laku terjual.

7. Penulis wajib memesan edisi cetak di awal penerbitan sekurang-kurangnya 32 eksemplar disesuaikan dengan harga cetak di Jariah Publishing (biaya cetak buku akan diketahui jika Penulis telah mengirim naskah utuh ke email Penerbit).

8. Setelah buku dicetak, maka Penulis wajib menyetor 4 eksemplar buku dengan ketentuan: 2 eksemplar ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI dan 1 eksemplar ke Perpustakaan Daerah (Perpusda) tempat Penerbit (Sebagai syarat ISBN). Adapun 1 eksemplar disimpan di Perpustakaan Penerbit sebagai Arsip dan bahan promosi. Syarat 4 eksemplar buku ini disetor ke Penerbit, karena Penerbit yang akan membiayai ongkos pengiriman buku ke Perpusnas dan Perpusda.

9. Penulis memiliki hak untuk menjadi penyalur penjualan buku edisi cetak dari naskah terlampir dengan harga eceran yang disepakati. Keuntungan hasil penjualan buku edisi cetak yang dilakukan oleh penulis adalah 100% hak penulis, dan tidak dihitung sebagai sumber royalti yang dilaporkan Penerbit. Dalam hal ini Penulis bisa mendapat royalti sendiri sebesar 40%-60% dari selisih harga jual dan harga cetak buku.

10. Penulis bersedia turut melakukan promosi atas buku karyanya melalui berbagai macam cara baik daring maupun luring secara mandiri dan sukarela.

Facebook

CV Jariah Publishing Intermedia

Twitter

@jariahbooks

YouTube

Jariah Publishing

Beberapa institusi yang telah memercayakan penerbitan bukunya di Jariah Publishing antara lain Bawaslu Kabupaten Gowa, Universitas Hasanuddin, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Negeri Makassar, Universitas Muhammadiyah Makassar, UIN Alauddin Makassar, SIT Nurul Fikri Makassar, dll

Leave a Comment