ika rini puspita dan negeri 1/2

Ika Rini Puspita dan alasannya menulis buku Negeri 1/2

Beberapa waktu lalu, Ika Rini Puspita, penulis buku Negeri 1/2 baru saja menerbitkan bukunya. Buku ini dicetak pertamakali pada Oktober 2019 lalu masuk ke cetakan kedua pada Januari 2020 ini. Yuk baca cerita Ika berikut bisa sampai menulis dan menerbitkan bukunya di Jariah Publishing.

Boleh tahu alasan kenapa terbitkan buku?

Alasan menerbitkan buku karena ingin berbagi keresahan. Salah satu cara penulis melampiaskan keresahan tersebut dengan kritik-kritik manis. Berharap agar kritik tersebut jadi solusi ditengah hiruk-pikuk persoalan negeri ini. Alasan menulis yang lain tentu karena Ridho Allah dan semoga dengan ‘menulis’ ini, cara sederhana yang bisa jadi saksi kelak dihari perhitungan (amal jariah).

Apa isi Negeri 1/2

Buku ‘Negeri ½’ berisi curhatan manis, kecut, asin, pahit semua rasa beradu dari penulis kepada seseorang yang dicintainya (baca: Negara ini). Penulis berharap agar persoalan Negeri ini tidak berlarut-larut sampe beranak Pinak.

Alasan memilih judul buku?

Maksudnya apa ini buku kenapa ada ½ penasaran mari lanjut!

Sebuah Judul buku yang ditulis oleh Ika Rini Puspita, keluh-kesah yang ia rasakan saat berstatus sebagai ‘Mahasiswi Biologi Sains’. Sebelumnya tahun 2017 50 eksemplar telah habis terjual dan kini 2020 kembali muncul dengan tampilan yang berbeda cetakan ke-2 dengan desain sampul, tambahan tulisan, dll (edisi revisi).

Bukunya berisi kumpulan esai yang berbicara perempuan karena penulis seorang perempuan, bagaimana peran ibu, definisi cantik dan tampan, nikah, feminis dkk jangan sampai kita ikut hanyut dalam ide-ide mereka.

Cetakan ke-2 Buku Negeri 1/2 karya Ika Rini Puspita (Gowa: Jariah Publishing, 2020)

Kemudian berbicara pendidikan mengenai carut marut siswa-pengajar, kurikulum, dll. Selanjutnya berbicara politik penulis mencoba mengungkap dunia politik karena politik itu sexy untuk sekedar di hanggurin begitu saja.

Terakhir bicara sosial bagaimana tatanan sosial kita ternyata tidak jauh beda dengan point sebelumnya seperti kaum  LGBT yang tiap tahun meniupkan peluitnya, dan lain-lain.

Negeri 1/2, sangat cocok sebagai sarapan ‘kata’ bagi setiap jiwa yang apatis terhadap permasalahan bangsa untuk kembali berwawasan global. Buku ini juga mengajak pembaca untuk memahami permasalahan negeri dari berbagai sudut pandang dan jeli melihat penyebab serta pandai memahami Islam sebagi real solusi.

Di buku ‘Negeri ½’ juga ada esai penulis yang sudah terbit di media cetak atau online. Jadi yang niatan mau belajar nulis, recommended dah jadi rujukan nulis.

Mengapa bukunya sampai dicetak ulang?

Menerbitkan buku cara sederhana berkontribusi untuk negeri dan umat. Kenapa cetak ulang karena permintaan pembaca yang antusias akhirnya penulis memutuskan mencetak kembali.

Edisi Revisi Buku Negeri 1/2 dengan tambahan beberapa tulisan dan ilustrasi

Memang ada bedanya sudah menerbitkan buku sama menulis di media massa saja atau bagaimana? Beri dong motivasi juga kepada oang lain.

Tentu beda. Menulis di media massa godaannya besar apatahlagi godaan menerbitkan buku tentu lebih besar pula. Intinya jangan takut untuk melangkah yang lebih besar. Mandek itu bukan solusi, di tengah revolusi industri yang kian melambung.

Maha dahsyat menulis itu, mampu mengubah pola pikir-pola sikap, menggiring opini,  meng-counter opini negatif. Jadi menulislah, karena menulis itu asyik, untuk sekadar bercengkerama dengan ekosistem.

︳mgp

Leave a Comment